Mencicipi Mirror Arch Linux di Buaya KLAS

Mencicipi Mirror Arch Linux di Buaya KLAS

Alkisah…

Lihat-lihat berita di Facebook, lha kok muncul notifikasi dari KLAS (Kelompok Linux Arek Suroboyo) lewat fanspage, bahwa ada dukungan distribusi baru di lumbung (repository) buaya.klas.or.id, yaitu distribusi Ubuntu untuk perangkat “mini” ARM64 dan ARMHF serta Arch Linux. (lihat sumber postingan)

Wooow, akhirnya!

Tidak banyak memang repositori lokal untuk distribusi Arch Linux (dan turunannya). Yang saya pernah pakai adalah, mirror devilscode (sepertinya sudah lama mati), poliwangi, dan yang terakhir suro.ubaya (sampai saat ini).

Dengan adanya berita dari KLAS, berarti repo Arch Linux di Indonesia bertambah satu. Ya kan? 😀 . Oke, saatnya incip-incip repositori nya,

Mencicipi Repositori Paket

Buka terminal emulator kesayangan Anda, (saya pakai konsole)

edit berkas /etc/pacman.d/mirrorlist menggunakan teks editor kesayangan, (saya pakai vim)

sudo vim /etc/pacman.d/mirrorlist

isikan dengan baris berikut

Server = http://buaya.klas.or.id/arch/$repo/os/$arch
vim /etc/pacman.d/mirrorlist
^menyunting berkas mirrorlist

Lalu simpan dan keluar.

Oh iya, Anda bisa menggunakan lebih dari 1 alamat repositori, urutannya menurun, server yang diletakkan di bagian atas akan menjadi high-priority, dan seterusnya. Fungsinya tidak lain adalah ketika 1 paket tidak bisa diambil dari repo pertama, maka akan mengambil langsung dari repo kedua, begitu seterusnya. Jika ingin menonaktifkan repo lain, tambahkan tanda pagar di awal baris.

Jalankan perintah berikut ini untuk memperbarui database repository di lokal:

sudo pacman -Syy

Tadaaaa, sekarang Anda sudah mengaktifkan repo Arch Linux yang ada di buaya.klas.or.id.

Ketik perintah di bawah ini untuk melakukan full-system upgrade

sudo pacman -Syyu
proses upgrade sistem
^ proses upgrade keseluruhan sistem menggunakan repository buaya.klas.or.id

Tidak hanya repository, namun juga mirror ISO Arch linux sekarang bisa diunduh langsung dari buaya.klas, klik disini untuk melihat-lihat dan mengunduh citra ISO archlinux dari buaya.klas.

REVIEW KILAT

Saat mengunduh paket, koneksinya sangat stabil dan lancar. Cepat ? hmm relatif ya, menurut saya sih cepat (dengan koneksi yang saya gunakan). Mengunduh citra ISO Arch Linux ~(600mb) juga stabil, dan bisa di resume (ini yang penting :laugh: )

Semalam saya melakukan upgrade keseluruhan sistem, dan saya tinggal tidur, bangun-bangun saya cek tidak ada paket yang gagal diunduh, waw. Biasanya saat upgrade keseluruhan sistem pasti ada aja paket yang nyangkut, tapi kali ini menggunakan repo buaya.klas lancar jaya.

mengunduh citra arch linux dari buaya.klas
^ proses mengunduh citra ISO

Terima kasih KLAS! Tidak sabar menunggu repo buaya.klas.or.id nongol di mirrorlist official di laman archlinux.org (klik disini) 😀

(fyi, saya baru tau kalo di papua.go.id ada repo arch linux, keren!)

Tak lupa, Dirgahayu Republik Indonesia ke-75 !

Salam Merdeka Berperangkat Lunak!

One thought on “Mencicipi Mirror Arch Linux di Buaya KLAS

Leave a comment