Pipewire Pulseaudio Ngambek Lagi di ArchLinux :(

Setiap kali mau puter video baik dari platform youtube, ataupun video rekaman yang ada di hardisk selalu saja ada masalah. Dulu sempat kejadian sih di artikel ini , ntah kenapa habis pindahan dari X11 ke wayland baru-baru ini, eh muncul lagi. Permasalahannya makin aneh, playbacknya bengong, videonya bengong, audionya lancar, nah loh 😀

Ubek sana ubek sini, solusi pertama nemu, hapus semua pipewire, pindah ke pulseaudio. Ini udah dilakukan, dan lancar, karena pakai X11, gak seberapa butuh pipewire. Video playback dan audionya pun normal.

Masih penasaran, saya pasang lagi tuh paket-paket pipewire, tapi masih dikombinasikan dengan pulseaudio. Nah disini lucu, audionya jalan videonya tapi bengong, kalau ada headphone yang dicolok ke jack audio, kalau dilepas, lancar semuanya, .

Usut punya usut, saya baru kepikiran, dulu itu ada paket namanya pipewire-media-session di arch. Ntah kenapa ini sudah deprecated, jadi tidak saya pasang saat pindahan mesin. Yang saya pasang adalah wireplumber yang notabene penerus untuk pipewire-media-session.

Nah iseng saya copot si wireplumber dan pasang lagi si pipewire-media-session (karena konflik paket wireplumber dengan pipewire-media-session, harus pilih salah satu, seperti halnya pipewire-pulse dengan pulseaudio*), eh Jreng!! normal seperti sedia kala, hahaha

Memang sih wireplumber adalah penerus yang menggantikan pipewire-media-session, namun melihat tiket-tiket yang ada, dengan setelan bawaannya-pun masih bisa dibilang dalam tahap beta menurut saya.

Kondisi terakhirnya adalah: pulseaudio dibabat habis, pipewire dan pipewire-pulse yang terpasang

Selamat berakhir pekaan di hari Kesaktian Pancasila ! 🙂

Leave a comment